Makanan Ciri khas Pontianak

Makanan Ciri khas Pontianak

Makanan Ciri khas Pontianak yang Harus Anda Coba – Ada Oleh-olehnya

Siapakah yang tidak paham dengan Kota Pontianak, satu kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa di Propinsi Kalimantan Barat dengan makanan ciri khas.

Kota yang mempunyai budaya yang unik ini, simpan satu rahasia yang akan membuat kita selalu terpikir dengan Pontianak.

Baca Juga: Oleh-oleh Ciri khas Bangka Belitung

Apakah itu? Ialah hidangan kulinerannya yang sedap dan membuat lidah kita suka. Nah, buat anda yang tidak pernah mencicip makanan ciri khas yang berada di kota ini, kami akan memberikan 10 Makanan Ciri khas Pontianak

Lek Tahu Shan

Anda tentu pernah coba bubur kacang hijau, kan? Nah, untuk makanan ciri khas yang ini, kacang hijau jadi bahan khusus dalam Lek Tahu Shan. Sesuai namanya, Lek Tahu Shan ialah hidangan kulineran yang mempunyai nama dengan bahasa Tionghoa – yang berarti butiran mutiara kacang hijau. Sebab kacang hijau yang dipakai sudah dikupas, karena itu warna yang tampil terlihat seperti mutiara yang terserang sinar.

Bahan sambilan yang lain dipakai untuk bikin Lek Tahu Shan ialah daun pandan, gula pasir, dan kombinasi tepung tapioka. Umumnya, makanan ciri khas ini dihidangkan dengan camilan Ca Kwee yang renyah supaya waktu dikonsumsi akan membuat cita-rasa yang kaya di mulut. Apa lagi waktu hujan atau dalam cuaca dingin, Lek Tahu Shan akan membuat badan anda jadi hangat.

Burung Punai

Buat anda yang menyukai dengan hidangan kulineran yang memakai unggas selaku bahan khusus, kami mereferensikan anda satu makanan ciri khas dari Pontianak yang disebutkan Burung Punai. Bila anda belum mengetahui, Burung Punai ialah semacam burung yang terlihat seperti burung merpati, tetapi mempunyai bulu yang warna hijau dan paruh yang kemerahan.

Warga wilayah Kalimantan – terutamanya Pontinakan, tangkap burung yang ini dengan kontribusi alat jala. Makanan ciri khas ini umumnya diproses oleh orang Pontianak dengan dibakar atau dimasak. Sebab struktur daging Burung Punai yang lebih halus, makanan ini akan membuat lidah kita senang dengan cita-rasanya yang unik.

Pengkang

Makanan ciri khas yang ini dapat disebut serupa dengan nasi bakar bila kita menyaksikan sisi luarnya. Proses pengerjaan dari Pengkang ini lumayan gampang, yakni dengan membuntel beras ketan yang telah dikasih ebi dengan daun pisang yang dibuat kerucut, lalu diikat dan dibakar. Bila anda terhitung orang yang mencintai rasa pedas, anda dapat melahap hidangan kulineran ciri khas yang ini dengan sambal kerang atau sambal kepah. *yummy

Jorong-jorong

Jika anda ke Pontianak waktu Bulan Ramadhan, ada satu makanan ciri khas yang perlu anda coba. Sama seperti yang kita kenali, ada beberapa makanan yang cuman dihidangkan waktu ada acara atau hari-hari spesifik. Nah, seperti Jorong-jorong, warga Pontianak akan menyediakan hidangan kulineran ini untuk dikonsumsi waktu buka puasa.

Kue ciri khas dari Pontianak ini, dibuat dari santan murni dan tepung beras. Proses penyuguhannya benar-benar simpel, adonan yang 1/2 jadi ditaruh ke dalam daun pisang yang sudah dibuat seperti tempat persegi. Selain itu, ada pula Jorong-jorong yang ditambah dengan gula merah cair untuk menambahkan cita-rasa manis untuk kue ini.

Es Cream Petrus

Rupanya, Pontianak bukan hanya mempunyai hidangan kulineran yang spesial dibikin untuk menganakemaskan perut kita. Tetapi, ada pula hidangan kulineran yang dapat menganakemaskan kerongkongan anda. Tidak itu saja, lidah anda tentunya akan suka. Ada bermacam rasa yang dapat anda coba, rasa seperti vanilla, coklat, durian, strawberry, nangka, bahkan juga cempedak.

Bila anda pesan satu jatah Es Cream Petrus, ada tambahan yang lain yang akan membuat cita-rasa Es Cream Petrus semakin sedap – yakni cincau hitam, susu coklat, agar-agar, dan kacang merah. Disamping itu, penyuguhan dari es cream ciri khas ini unik, anda dapat pilih untuk memakai roti atau batok kelapa muda.

Chai Kue

Sama dengan Jorong-jorong, Chai Kue ialah makanan ciri khas yang terhitung dalam kue tradisionil. Sesuai namanya, Chai bermakna sayur. Disini, kemungkinan anda bisa menerka jika kue ini memakai bahan khusus yaitu sayur.

Wujud dari Chai Kue benar-benar nampak serupa dengan pastel, tetapi penyuguhannya dapat dikukus atau dimasak. Kulit dari Chai Kue ini dibuat dari kombinasi tepung beras dan tepung tapioka. Untuk isinya sendiri, dapat memakai sayur seperti kacang kedelai, rebung, kucai, keladi, serta bengkuang.

Pisang Goreng Pontianak

Bila dengar kata pisang goreng, tentunya anda memikirkan hidangan kulineran ini ibarat biasanya. Tetapi, ada satu perihal yang membandingkan Pisang Goreng Pontianak dengan pisang yang lain. Ini sebab ada kremesan yang membuntel makanan ini.

Disamping itu, camilan ini umumnya dihidangkan dengan berbagai selai bermacam rasa. Jika anda senang dengan makanan yang kaya cita-rasa, anda dapat beli Pisang Goreng Pontianak plus tambahan susu, meses, keju, durian, nangka, atau sarikaya.

Sotong Pangkong

Biasanya, makanan yang dari cumi-cumi diproses dengan ditumis atau dimasak. Tetapi, sudah pernahkah anda mencicip cumi-cumi yang diproses dengan dipanggang? Nah, bila anda tidak pernah coba hidangan kulineran cumi-cumi panggang, anda dapat coba Sotong Pangkong.

Di sini, cumi atau sotong dijemur sampai betul-betul kering saat sebelum dipanggang. Belum usai, cumi yang telah dipanggang akan dipukul sampai memberi struktur yang empuk. Langkah melahap Sotong Pangkong yang paling disukai dengan didampingi sambal pedas manis atau kuah sambal kacang. Bila anda pengin rasakan rasa aslinya, anda langsung bisa melahapnya tanpa ada ditambah apa-apa.

Bingka Barandam

Satu dari kue ciri khas tradisionil yang perlu anda coba waktu bertandang ke Pontianak dalah Bingka Barandam. Benar-benar, wujud dari kue yang ini dapat disebut serupa seperti kue lumpur. Tetapi, cita-rasa yang akan dirasa oleh lidah anda tentunya berlainan.

Mengapa? Sebab satu dari bahan yang dipakai untuk bikin kue manis yang ini ialah kayu manis. Nah, di situlah mengapa Bingka Barandam mempunyai rasa yang paling legit, apa lagi waktu anda kunyah makan ciri khas pontianak ini.

Mie Tiaw

Bila anda fans makanan yang dibuat dari mie, Mie Tiaw ialah makanan ciri khas dari Pontianak yang perlu anda coba. Mengapa? Sebab cita-rasa dari hidangan kulineran yang ini akan membuat anda tidak mau stop melahapnya.

Ada dua tipe Mie Tiaw yang dapat anda coba, yang pertama ialah Mie Tiaw goreng dan yang ke-2 ialah Mie Tiaw siram – memakai kuah. Umumnya lauk pengiring ditambah pada hidangan kulineran ciri khas ini ialah telur, dalaman, daging sapi, toge, dan daun sawi. Jika anda ke Pontianak, lokasi yang menyajikan Mie Tiaw ciri khas Pontianak berada di Jalan Pattimura.

Demikian lah daftar makanan khas Pontianak yang harus anda coba, siap untuk mencoba keseluruhan nya ??