Makanan Ciri khas Sunda

Makanan Ciri khas Sunda

Makanan Ciri khas Sunda Populer Nikmat Sekali dan Rekomended

Waktu anda bertandang ke Jawa Barat, anda kemungkinan pengin mencicip bermacam makanan ciri khas sunda. Ada banyak makanan ciri khas sunda yang harus anda coba, seperti berikut:

Nasi Timbel

Tentu saja banyak orang yang telah mengenali nasi timbel, sebab nasi ini kerap dihidangkan di beberapa rumah makan. Sesungguhnya, nasa timbel ialah makanan ciri khas sunda yang paling populer.

Baca Juga: Makanan Ciri khas Pontianak

Awalannya, nasi timbel disajikan untuk beberapa petani. Dengan memakai daun pisang untuk membuntelnya, nasi timbel jadi pulen dan mempunyai wewangian wangi. Nasi ini dapat dicicipi dengan bermacam lauk, seperti ayam goreng, pepes ikan, ikan asin, dan ada banyak lainnya.

Nasi Tutug Oncom

Berlainan dengan nasi timbel yang dibuntel daun pisang, nasi tutug oncom disajikan sesudah ditumbuk dengan oncom bakar. Nasi ini dinamakan nasi tutug oncom sebab kata tutug bermakna tumbuk. Nasi ini rasanya nikmat sebab ditumbuk bersama oncom bakar, dihidangkan pada kondisi hangat. Kepuasan nasi tutug oncom akan makin prima bila anda nikmati nasi ini dengan bermacam lauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, atau ayam goreng. Cicipi nasi ini dengan sambal dan lahapan supaya rasanya makin prima. Sesungguhnya, nasi ini ialah nasi ciri khas Tasikmalaya, tetapi saat ini makanan ini juga telah populer selaku makanan ciri khas sunda yang harus buat anda cicip.

Nasi Liwet

Tidak komplet rasanya jika anda tidak coba nasi liwet waktu bertandang ke tanah sunda. Walau nasi liwet juga dapat anda dapatkan di Solo, tetapi nasi liwet sunda jangan anda terlewat. Walau tidak diolah dengan santan, nasi liwet sunda berasa lezat dan renyah sebab pemakaian bermacam rempah-rempah. Rempah-rempah untuk nasi liwet umumnya ialah serai, cabai rawit, bawang putih, kemangi, daun salam, dan sebagainya. Warga sunda umumnya melahap nasi liwet dengan ikan asin. Ada pula yang melahapnya dengan tahu, tempe, sayur asem, dan sebagainya. Untuk menunya dapat disamakan dengan kemauan anda.

Gepuk

Makanan ciri khas sunda yang lain yang harus anda coba ialah empal gepuk. Tentunya anda telah kenal dengan empal. Ya, empal ialah potongan daging sapi yang telah dimasak dengan bumbu-bumbu. Di tanah sunda sendiri, empal gepuk biasanya dimasak dengan bumbu-bumbu dan kelapa, hingga rasanya jadi benar-benar nikmat dan renyah. Gepuk umumnya dihidangkan dengan nasi hangat. Anda juga dapat melahapnya dengan sambal yang pedas sekalian lahapan supaya rasanya semakin nikmat. Rasa renyah gepuk kerap membuat beberapa orang suka akan makanan ini. Jadi, janganlah lupa untuk mencicip makanan ini waktu bertandang ke tanah sunda. Banyak rumah makan ciri khas sunda yang menyediakan makanan ini.

Soto Bandung

Soto benar-benar sangat populer di Indonesia. Seringkali kita mendapati bermacam tipe soto yang rasanya berbeda. Di Bandung sendiri, anda dapat mencicip soto Bandung. Berlainan dengan soto yang lain, soto Bandung dibuat dari tetelan daging sapi. Untuk bikin cita-rasanya jadi lezat, bermacam bumbu dipakai seperti jahe, serai, lengkuas, gula, serai, bawang merah, merica, bawang putih, dan bermacam rempah yang lain. Soto Bandung akan dihidangkan dengan potongan lobak, kacang kedelai, bawang goreng, dan potongan seledri. Untuk menambahkan cita-rasanya, anda juga dapat menambah perasan jeruk nipis dan sambal.

Kupat Tahu

Waktu anda bertandang ke Bandung, anda akan mendapati banyak penjual kupat tahu. Kupat tahu ialah makanan ciri khas sunda yang harus anda cicip sebab rasanya nikmat. Dibuat dari ketupat atau lontong dan tahu goreng yang disiram dengan kuah kacang, kupat tahu berasa pas untuk jadi menu makan pagi. Dengan mengonsumsi satu piring kupat tahu, tentunya perut anda segera kenyang. Anda dapat sesuaikan cita-rasa kupat tahu sesuai dengan selera anda. Misalkan untuk anda yang menyukai makanan pedas, anda dapat menambah sambal. Lantas buat anda yang menyukai makanan manis, anda dapat menambah kecap. Waktu menikmatinya dengan krupuk, kupat tahu akan makin nikmat waktu dikonsumsi. Tidak cuman kuah kacang, beberapa pedangan kupat tahu juga menyediakan kupat tahu dengan kuah santan yang renyah.

Baso Tahu

Makanan ciri khas sunda yang lain yang harus buat anda cicip ialah baso tahu. Baso tahu dibuat dari adonan ikan yang dimasukkan pada dalam tahu, lalu dikukus. Selanjutnya, baso tahu dihidangkan dengan sauce kacang yang renyah dan sedikit pedas. Warga biasanya kerap menyebutkan baso tahu selaku siomay. Tetapi di Bandung sendiri, warga kerap mengatakan baso tahu. Tidak cuman tahu yang disisipi adonan dari ikan, baso tahu juga kerap dipadukan dengan telur rebus, kol rebus, kentang rebus, dan pare rebus. Anda dapat pilihnya sesuai kemauan anda. Buat anda yang menyukai pedas, anda dapat menambah sambal hingga rasanya makin nikmat dan pedas.

Karedok

Karedok ialah makanan ciri khas sunda yang sangat populer. Banyak pedagang karedok yang dapat anda jumpai. Dibuat dari bermacam sayur mentah seperti kol, kementimun, dan terong hijau, makanan ini tidak cuman nikmat, tetapi fresh. Bumbu kacang dari karedok benar-benar renyah. Tidaklah aneh jika beberapa orang sunda yang mengonsumsi karedok dengan nasi hangat, sebab karedok benar-benar nikmat bila dikonsumsi dengan nasi hangat. Apa lagi bila anda melahap karedok dengan tahu goreng dan krupuk. Tentunya rasa karedok makin lebih nikmat dan oke.

Lotek

Tidak komplet rasanya jika melepaskan lotek sesudah mengatakan karedok awalnya. Lotek dan karedok sangat populer di kelompok warga Sunda. Warga sunda biasanya melahap lotek atau karedok pada siang hari sebab rasanya nikmat dan fresh. Berlainan dengan karedok, lotek dibuat dari sayur yang telah direbus, seperti kol, kacang panjang, taoge, dan kangkung. Sama memakai sauce kacang, lotek mempunyai sedikit ketidaksamaan sebab rasa sayur masak condong lebih empuk bila dibanding sayur mentah yang ada di karedok. Sama dengan karedok, anda dapat melahap lotek dengan nasi hangat. Anda juga dapat melahapnya dengan lontong. Apa lagi jika anda melahapnya dengan krupuk, rasa lotek akan makin nikmat.

Pepes Ikan

Makanan ciri khas sunda yang lain yang tidak dapat anda terlewat ialah pepes ikan. Orang sunda biasa mengatakan dengan pais. Pepes ikan sendiri banyak macamnya, seperti pepes ikan asin, pepes ikan teri, pepes ikan mujair, dan ada banyak kembali. Ikan yang sudah diberi bumbu akan dibuntel dengan daun pisang, lalu dikukus. Bumbu-bumbu yang umumnya dipakai ialah kunyit, daun salam, serai, potongan bawang merah, cabai rawit, jahe, dan sebagainya. Beberapa bumbu akan dilumatkan, dan beberapa kembali akan diiris-iris kasar. Waktu pepes dibuka, karena itu wangi yang membangkitkan hasrat akan menguar dan membuat anda pengin selekasnya melahap makanan ini. Anda dapat nikmati makanan ini dengan nasi hangat dan sayur asem supaya rasanya makin nikmat.

Bakakak Hayam

Bakakak atau ayam bakar ciri khas Bandung harus buat anda cicip waktu bertandang ke tanah sunda. Bakakak ialah makanan ciri khas sunda yang dibuat dari ayam utuh, yang selanjutnya dipanggang dengan memakai bumbu-bumbu spesifik. Anda dapat melahap satu jatah bakakak hayam dengan bagian keluarga dan rekan anda. Untuk bikin rasanya makin nikmat, anda dapat melahap makanan ciri khas sunda ini dengan nasi hangat, sambal terasi, dan lahapan. Tentu rasanya akan makin nikmat, apa lagi bila lahapannya kementimun fresh atau selada air. Selera makan anda pasti semakin bertambah.

Colenak

Bandung populer dengan tape singkongnya. Jika anda pengin nikmati tape singkong dengan cita-rasa yang lain, anda dapat mencicip colenak. Colenak dibuat dari tape singkong yang dibakar, selanjutnya dihidangkan dengan sauce gula yang dibuat dari gula aren dan parutan kelapa. Rasanya benar-benar nikmat, apa lagi jika anda telah mempersiapkan teh hangat. Enaknya colenak bersatu dengan teh hangat akan membuat anda suka untuk nikmati makanan ciri khas sunda ini.

Itu makanan ciri khas sunda yang dapat anda cicip waktu bertandang ke tanah sunda. Sesungguhnya, ada banyak makanan ciri khas sunda yang menjadi referensi anda. Tetapi, mudah-mudahan beberapa makanan yang sudah disebut sebelumnya menjadi referensi anda waktu bertandang ke tanah sunda.